7 C
Manchester
25 October 2020
Image default
UMKM

Kerjasama BNI Syariah dengan Kemenkop dan UMKM untuk Menjadi Penyalur KUR UMKM

SABISNIS.COM, Jakarta – PT Bank BNI Syariah menyambut baik kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam rangka percepatan penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Fasilitas pembiayaan KUR melalui bank Syariah ini diharapkan bisa memberikan dampak yang positif untuk pelaku UMKM.

“Kehormatan bagi kami yang setelah sekian lama mendambakan untuk bisa berperan dalam penyaluran KUR dan Alhamdulillah berkat bantuan dari Kementerian Koperasi.
Alhamdulillah ini suatu kebanggaan kami bisa hadir untuk melakukan kegiatan penandatanganan kerjasama,” ujar Direktur Bisnis retail dan jaringan Bank BNI Syariah Iwan Abdi dalam penandatanganan MoU Pembiayaan Kemenkop dan UKM dengan BNI Syariah, di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Sebagai informasi plafon pembiayaan dari penyaluran KUR BNI Syariah di 2020 telah ditetapkan sebesar Rp 700 miliar.

Lanjut Iwan, pihaknya berkomitmen terhadap perekonomian pembangunan di Indonesia khususnya sektor usaha kecil dan menengah bisa ikut mewujudkan dalam bentuk realisasi pembiayaan KUR.
BNI Syariah dikatakan, telah melakukan pembinaan-pembinaan secara teknis kepada pelaku usaha mikro.

“Saat ini kami memiliki himpunan khusus usaha mikro, yang kita fokuskan di KUR ini kira-kira 70 ribuan nasabah mikro kita yang sudah kita biayai dengan skema mikro yang kita punya,” jelasnya.

Ia pun berharap dengan adanya fasilitas pembiayaan KUR melalui bank Syariah ini bisa memberikan dampak yang positif untuk pelaku UMKM dan tentunya untuk keberlangsungan bisnis BNI Syariah agar bisa lebih dalam membantu pembiayaan kepada sektor usaha kecil dan menengah.

Selain bekerja sama dengan PNM dalam mendorong program Mekar, hal itu merupakan visi BNI Syariah dimana ingin memberdayakan UMKM. Oleh karena itu pihaknya senang bisa diajak Kerjasama oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

“Hari ini bagi saya dan tim kami menjadi catatan sejarah, kita bisa melakukan penyaluran KUR dan mudah-mudahan apa yang sudah ditargetkan oleh pemerintah, dalam tempo 3 bulan ini kami akan berupaya untuk memenuhi kepercayaan yang telah diberikan dan mudah-mudahan penyaluran ini sesuai tepat pada sasaran,” ujarnya.

Lantaran secara sistem, Iwan mengatakan bahwa BNI Syariah sebenarnya sudah cukup memadai untuk membantu penyaluran KUR, karena bank Syariah telah bersinergi dengan BNI Induk.

“Jadi secara sistem memang sudah cukup dan ini juga membantu kami program sinergi ini untuk bisa lebih cepat mengakselerasi penetrasi bisnis dan program-program pemerintah,” pungkasnya.

Reporter : Asep Erwin
Sumber : Liputan6.com

Related posts

Saat Pemberlakuan New Normal, Pemerintah Kucurkan Anggaran untuk UMKM Rp123,46 Triliun

asep

Ketua DPD RI Datangi OJK Jatim, Pantau Restrukturisasi Kredit UMKM

asep

KemenKop UKM RI Bersama Bank BRI Beri Dukungan Pelaku UKM

asep

Leave a Comment