7.7 C
Manchester
25 October 2020
Image default
UMKM

Semen Baturaja Dorong UMKM Terus Produktif di Tengah Pandemi Covid-19

Bantu Permodalan, Promosi Hingga Libatkan Mitra Binaan Dalam Supplai Bantuan Masker

SABISNIS.COM, PALEMBANG – PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) Baturaja menggerakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ditengah masa pandemi Covid-19 untuk dapat membantu membangkitkan aktivitas pengusaha kecil menengah.

UMKM memiliki peran penting dalam perputaran perekonomian di Indonesia. Di masa pandemi seperti ini, banyak pelaku usaha terkena dampak yang signifikan sehingga menurunkan pendapatan mereka.

“Semen Baturaja berusaha menggairahkan aktivitas UMKM dan memupuk kembali semangat mereka untuk menggeliatkan perekonomian” ujar Vice President Corporate Secretary SMBR, Basthony Santri.

Sejak tahun 1991, SMBR telah berkomitmen untuk menyalurkan dana kemitraan yang dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha oleh para pelaku usaha. Hingga saat ini, telah terdaftar lebih dari 2000 UMKM yang telah menjadi mitra binaan Perseroan.

Tak hanya membantu dalam permodalan usaha saja, Semen Baturaja juga secara rutin mengadakan berbagai program pelatihan manajemen, keterampilan, dan promosi serta aktif mensosialisasikan agar UMKM lebih mampu menyesuaikan diri dan responsif dalam melihat peluang bisnis selama pandemi Covid-19.

“Melalui RKB Baturaja kita bantu para pelaku usaha belajar membuat masker, karena produk inilah yang dibutuhkan masyarakat saat ini” Katanya.

SMBR pun turut melibatkan UMKM yang menjadi mitra binaannya untuk memproduksi masker kain (non medis) yang merupakan salah satu bantuan dari Perseroan kepada sejumlah Satgas di masing-masing daerah seperti Kota Palembang, Kota Baturaja, dan Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu, bentuk dukungan lainnya yang diberikan kepada para UMKM adalah dengan menggelar berbagai pelatihan melalui video conference sesuai protokol kesehatan Covid-19. Materi pelatihan yang diberikan pun sangat sesuai dengan situasi saat ini, seperti Branding Selama Masa Pandemik, Strategi Konten Marketing dan Copy Writing dan Pencatatan Keuangan Digital.

SMBR melalui RKB Baturaja juga bekerjasama dengan Tim Gapura Digital Google Indonesia membuka kelas Focus Group Discussion (FGD) bagi UMKM yang menjadi mitra binaan RKB Baturaja. Agar para pelaku UMKM secara aktif dapat menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi di tengah Pandemi Covid-19 serta memberikan pendapat dan saran atas kendala yang dihadapi pelaku UMKM lainnya dengan dibantu fasilitator yang akan memberikan solusi atas kendala yang dihadapi.

Di tahun 2020 ini pun, SMBR melalui RKB Baturaja menggandeng OKU GO Indonesia sebagai salah satu mitra dalam pemasaran produk UMKM binaannya.

OKU GO Indonesia merupakan aplikasi karya putra-putri asli Sumatera Selatan yang memiliki fitur jasa ojek online, pemasanan makanan dan minuman yang siap diantarkan ke tujuan.

Ditengah Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk selalu menjaga Physical Distancing, produk UMKM yang menjadi mitra binaan RKB Baturaja semakin mudah dipasarkan dan mampu menjangkau wilayah yang lebih luas.

Berbagai upaya untuk mendorong para pelaku UMKM agar terus produktif telah dilakukan SMBR secara komprehensif baik dari sisi permodalan, produksi bahkan pemasaran produknya guna menyukseskan program.

“Dengan harapan seluruh kegiatan UMKM dapat berjalan dan perekonomian Indonesia pulih kembali’’ Pungkasnya. (*)

Reporter : Asep Erwin
Sumber : www.semenbaturaja.co.id

Related posts

Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar

asep

BLT UMKM Rp 2,4 Juta Adalah Bantuan Cuma-Cuma (Hibah), Akan Diperpanjang Hingga 2021

asep

Saat Pandemi Covid-19 Aplikasi Lokal Bantu Meningkatkan Penjualan UMKM

asep

Leave a Comment