14 C
Manchester
7 October 2022
Image default
News

Menua itu pasti,Menua Dengan Sehat Itu Pilihan

Sabisnis.com – Jakata – Demikian kata dr Phaidon L Toruan dalam workshop kesehatan dengan tema Health Revolution, selama dua hari yakni tanggal 10-11 September 2022 yang diselenggarakan di Laboratorium Prodia jalan Raya Kramat 150.

Dalam workshop ini dr Phaidon L Toruan mengajarkan pola hidup sehat yang terdiri atas memilih makanan sehat, berolahraga, beristirahat cukup, manajemen pikiran yang sehat dan melakukan aktivitas sehat.

Workshop ini diselenggarakan sebagai bagian dari aktivitas seminar Life Revolution oleh Ting Des Waringin.

Hal pertama soal pola hidup sehat adalah memilih makanan sehat yang diajarkan adalah mengkonsumsi buah buahan 3 kali sehari sebelum makanan utama. dr Phaidon mengajarkan bahwa dari berbagai kitab suci pun sudah diingatkan untuk rutin mengkonsumsi buah buahan. Dalam Alquran Surah ke-56 yang tersusun atas 96 ayat, dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah. Nah, salah satu ayat dalam surah yang memiliki arti ‘Hari Kiamat’ tersebut, yakni ayat 29, menyebutkan,
“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).”
Pisang adalah buah yang mengandung banyak mineral dan sehat buat jantung serta memberikan tenaga instan.
Dalam Alkitab perjanjian Lama, Kejadian 1:29 Yahweh Elohim berfirman, “Lihatlah, Aku telah memberikan kepadamu segala tumbuhan yang mengandung benih yang ada di seluruh muka bumi, dan segala pohon yang padanya ada buah pohon yang mengandung benih, itu akan menjadi makanan bagimu.
Buah sangat penting bagi kehidupan manusia tapi sering terlupakan padahal ada di depan mata. Kemudian hal kedua soal makanan memilih sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah, kacang hijau, ubi, singkong, dan menggunakan pemanis alami seperti gula aren atau madu. Ini penting agar mengontrol kadar gula darah supaya tidak naik terlalu tinggi dan dengan demikian mencegah diabetes, hipertensi, kolesterol, trigliserida. Peserta juga diberi pencerahan bahwa pencetus kolesterol dan trigliserida tinggi adalah makanan yang kaya akan kadar gula darah tinggi. Ketiga soal makanan adalah memilih menu makan ya g tidak digoreng, atau meminimalkan gorengan apalagi goreng tepung. Goreng tepung meningkatkan risiko pengentalan darah. Kalau harus menggoreng pun bisa memilih menggunakan minyak kelapa atau pakai mentega butter dan menghindari margatinr. Keempat soal makan sehat adalah mengkonsumsi minyak sehat yang tidak dimasak atau mentah seperti minyak zaitun dan atau minyak kelapa ( VCO virgin coconut oil) dan atau suplementasi omega 3 yang bisa diperoleh dari ikan salmon, udang Krill, atau omega 3 versi tumbuhan yang berasal biji flaxseed ( flaxseed oil). Kelima soal makan sehat mengkonsumsi air putih cukup , 30 cc per kg berat badan. Dr Phaidon mengajarkan bahwa secara umum telnogi pengolahan air ada filtrasi yang mineral anorganik sedikit, reverse osmosis dengan mineral sangat sedikit dan distilasi alias tanpa mineral. Tidak usah takut air distilasi tanpa mineral sebab tubuh bisa mendapat mineral dari buah buahan.

Hal kedua untuk pola hidup sehat adalah olahraga dan untuk memulai dan pemeliharaan, dr Phaidon L Toruan menyarankan olahraga aerobik yang wajib dilakukan enam hari seminggu bisa berupa jalan kaki, sepeda baik sepeda statis atau sepeda dinamis biasa, atau bisa dengan berenang. Intensitas ringan disarankan agar aktivitas ini bisa rutin dijalankan. Boleh saja dikombinasi dengan intensitas sedang atau tinggi jika mampu, akan tetapi jika tidak mampu, atau menjadi bosan, maka lebih baik intensitas ringan

Selain aktivitas aerobik dr Phaidon L Toruan juga menyarankan untuk melakukan aktivitas latihan beban yang bisa dipilih lokasinya bisa dirumah atau di klub kebugaran, intensitasnya bisa ringan sedang atau berat, dan waktunya yang bisa dilakukan pagi siang atau sore. Latihan beban bisa dua sampai empat kali seminggu 15 menit sampai 1 jam tergantung kesanggupan menyediakan waktu.

Setiap orang bisa mengatur waktu olahraga sendiri tapi tentu harus mau belajar untuk membuat program sendiri dan menjalankan sendiri

Hal ketiga untuk pola hidup sehat adalah istirahat yang cukup. Malam hari waktu tidur sekitar 6-8 jam dan siang hari bisa ambil waktu “naptime” sekitar 15-30 menit.
Saat tidur tubuh memproduksi growth Hormone atau hormon pertumbuhan yang memulai proses perbaikan jaringan rusak, proses detoksifikasi, dan proses restorasi hormon. Agar bisa tidur maka salah satu kata kunci ya adalah mengurangi cahaya baik cahaya ruangan atau cahaya dari perangkat elektronik seperti handphone, televisi, atau perangkat komputer. Keberadaan cahaya menghambat keluarnya hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang menyebabkan kantuk proses tidur dimulai. Sebagai suplementasi, melatonin juga sering dipakai untuk membantu tidur, dan membantu mengatasi jetlag pada orang yang berpindah zona waktu

Sebagai tambahan dr Phaidon L Toruan mengingatkan jika bisa dan memungkinkan, mengambil naptime selama 15-30 menit. Penelitian NASA menunjukka. Bahwa orang yang beristirahat antara 10-20 menit meningkatkan kewaspadaan 54 % dan produktivitas meningkat 34% . Tidur lebih dari 20 menit menyebabkan manusia masuk dalam kondisi tidur REM ( Rrapid eye movement) yang malah mengurangi kesegaran, kewaspadaan, dan energi.

Hal keempat pola hidup sehat adalah manajemen pikiran. Pikiran yang sehat diperoleh dari pilihan informasi yang masuk ke dalam kepala, situasi lingkungan yang positif, dan kewaspadaan penuh untuk mau mengenali semua pola kehidupan dan memeliharanya dengan baik.
Pikiran manusia itu ibarat kebun, yang mana informasi dan pengalaman merupakan benih nya. Apapun yang ditanam dalam pikiran akan tumbuh dan menjadi besar, jadi kalau menanam pikiran negatif, informasi negatif maka hal hal negatif akan menjadi besar.
Biasakan mengisi hal hal positif, menonton acara yang positif, mendengar berita positif dan informatif. Bukan berarti tidak perlu mendengar gosip atau berita buruk yang umum, akan tetapi hindari mendengar hal hal negatif berulang ulang.

Hal kelima adalah melakukan aktivitas sehat seperti terkena matahari di pagi hari, karena sinar matahari sangat membantu kesehatan manusia, baik dalam hal mengaktifkan hormon, melancarkan peredaran darah, meningkatkan mood dan kesehatan otak. Kemudian aktivitas sehat lain adalah earthing, yaitu berjalan di atas tanah atau pasir yang langsung bersentuhan dengan bumi sehingga kita bisa menyerap energi positif dari bumi.

Workshop ini berlangsung dua hari dan dr Phaidon L Toruan mengadakan pemeriksaan lab yang dibantu oleh Prodia , menyajikan makanan sehat baik untuk sarapan, makan siang dan Snack, dan minuman blender buah buahan di pagi hari serta juga mendemonstrasikan dan menyarankan penggunaan teknologi laser untuk membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kualitas darah. Selain itu, karena ada terobosan baru, dr Phaidon juga menjelaskan teknologi NMES ( Neuro muscular electrical stimulation) yang membantu merangsang otot untuk bekerja, yang penting bagi mereka yang bermasalah dengan otot seperti penderita stroke, atau yang tidak aktif karena pemulihan penyakit, atau yang aktif tapi tidak lengkap seperti yang masih hobi berjalan kaki tapi otot bagian pinggang ke atas tidak terlatih dengan baik. Perangkat terbaru teknologi laser dan NMES ini sering ditampilkan di berbagai media televisi nasional

Workshop diakhiri dengan kalimat motivasi , menua itu pasti, menua dengan sehat itu pilihan

Related posts

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

asep

Restauran Legendaris dengan Cita Ras yang Tidak Pernah Berubah

asep

Fashion Show Menyambut Hari Batik Nasional

asep

Leave a Comment